Jumat, 10 Januari 2014

Who’s telematics experts in Indonesia ????


Pakar telematika, kalo mendengar kata ini pasti merujuk padakasus seperti foto syur, video syur dll, khusunya di indonesia loh hehehe, dan yang pasti kalo mendengar kata tersebut pasti kita merujuk pada sosok orang ini . . . .


Sebenarnya apa sih arti pakar telematika itu ?
Ya pakar telematika menurut KBBI merujuk pada suatu kata seorang yang ahli (pakar), namun kata telematika belum terdefinisi dalm KBB1, namun menurut situs Wikipedia kata telematika itu merujuka pada ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Jadi kesimpulannya Pakar Telematika adalah seseorang yang ahli di bidang  Teknologi Komunikasi dan Informatika.
Di indonesia ada beberapa pakar telematika yang sudah diakui kepakarannya, dan juga sudah mempunyai sertifikasi internasional untuk lebih menegaskan bidang ilmu yang mereka pelajari sehingga bisa mendapat pengakuan sebagai seorang pakar telematika. Yang jadi pertanyaan, siapa aja sih pakar telematika dari indonesia yang diakui dalam lingkup nasional bahkan luar negri yang mendapatkan pengakuan dari badan-badan it dunia yang berhubungan dengan telematika??? Okey mari kita bahas beberapa tokoh pakar telematika di indonesia
  1. Untuk yang pertama kita bahas kali ini adalah orang indonesia pertama yang menyandang gelar dokto dalam bidang TI di indonesia, mau tau ??? HEHEHHE. Belia adalah Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, S.Si, M.Eng, belia merupakan orang indonesia yang menyandang gelar DR dalam bidang TI, dan sekarang ini beliau merupakan salah satu Guru Besar TI sekaligus masih aktif sebagai dosen di Universitas Gunadarma.
  1. Yang kedua adalah seorang founder sekaligus motivator Linux Indonesia, beliau adalah Pak I Made Wiryana, atau sering disapa dengan panggilan pak made, selaim aktif didalam Linux Indonesia, beliau juga merupakan salah satu pengelola situs resmi kepresidenan dan juga kemenpora yang ditunjuk langsung oleh presiden, serta beliau saat ini juga masih aktif sebagai dosen di Universitas Gunadarma, beliau juga sering menjadi pembicara dan juga juri kehormatan dalam acara lomba yang ada sangkut pautnya dengan IT, seperti lomba yang pernah saya ikuti di Universitas Telkom Bandung yang secara tidak sengaja kami bertuma dengan pak made yang taunya menjadi salah satu juri kehormatan dalam lomba tersebut, awalanya jiper pas ketemu beliau, coz secara beliau adalah dosen kami dan kami juga membawa bendera + nama Kampus kami hehehehehe. Owh iya sekedar tau aja nih, menurut cerita dari salah satu dosen saya, pak Made itu adalah 1 dari 20% white hacker yang ada di indonesia, ingat menurut pandangan awam hacker itu adalah orang yang suka nyusup, perusak, pencuri, padahal itu salah, yang disebut seperti penyusup, perusak, dan pencuri adalah cracker, dan hacker adalah orang yang memperbaiki hal-hal yang dirusak oleh cracker, seperti memperbaiki bugs dalam sebuah website dll.
  1. Yang ketiga adalah Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., PhD, atau kerap disapa Kang ono, merupakan salah satu orang yang telah mendapat sederetan penghargaan dalam bidang IT, serta merupakan seorang yang aktif membuat buku dan junal yang di publish secara internasional, serta orang yang selalu bersikap kritis untuk kemajuan open source di indonesia, terutama distro linux, dan beliau juga sudah menciptakan beberapa distro linux sendiri.
  1. Yang ke empat adalah Ruby Alamsyah merupakan seorang ahli digital forensik dan merupaka satu-satunya orang Indonesia sekaligus orang Indonesia pertama yang menjadi anggota International High Technology Crime Investigation Association (HTCIA). Beliau juga yang menyadarkan pemerintah juga bahwa indonesia itu adalah negara yang sangat mudah untuk dilakukan penyadapan (pada saat kasus penyadapan yang dilakukan oleh australia beberapa waktu lalu) dalam acara AKI (apa kabar Indonesia Pagi TV one), karena indonesia belum mempunyai fasilitas atau badan yang menangani masalah anti spying. Dan beliau juga merupakan satu-satunya saksi ahli yang terpercaya kevalidannya dalam kasus yang berhubungan digital forensik.
dan apakah foto diawal tadi termasuk pakar telematika ??? sampai sekarang ini masih menjadi perdebatan apakah roy suryo bisa dibilang seorang pakar telematika ? karena jika berbicara background pendidikan beliau adalah lulusan sos pol kalau tidak salah baca, dan dia hanya peka dalam sisi analisis sebuah fotografi atau video saja, bahkan salah satau website yaitu wikipedia meragukan sisi kepakarana telematika roy suryo.

Ya itulah beberapa tokoh pakar telematika di indonesia. sebenernya masih banyak lagi para pakar telematika yang ada di Indonesia, namun karena saya agak jelimet nyarinya, jadi hanya saya lampirkan beberapa saja hehehehe

Terimakasih . . . . . . .


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009