Jumat, 10 Januari 2014

Perkembangan Telematika pada bidang Kesehatan dan Medis




Setelah membahas mengenai perkembangan telematika yang mencakup dunia bisnis dan pendidikan, ternyat sekaran ini telematika juga sudah mencakup dalam bidang kesehatan. Salah satunya dikenal dengan nama telemedicine.
Ada yang tau telemedicine itu apa ??
Berikut ini merupkan gambaran dari struktur telemedicine
 
Yak berdasarkan gambaran diatas anda pasti agak mendapat gambaran mengenai telemedcine, telemedicine adalah suatu layanan kesehatan antara dokter atau praktisi kesehatan dengan pasien jarak jauh guna mengirimkan data medik pasien menggunakan komunikasi audio visual mengunakan infrastruktur telekomunikasi yang sudah ada misalnya menggunakan internet, satelit dan lain sebagainya. 

Telemedisin (telemedicine) dari arti katanya dapat diartikan sebagai kedokteran jarak jauh. Layanan kedokteran (klinis) dimaksud dapat berupa (transfer/ transmisi) data (medis) dari proses wawancara (misal, anamnesis = wawancara dokter-pasien; dokter-mahasiswa dalam proses edukasi), pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan penunjang, peresepan bahkan tindakan perawatan dan pengobatan. Data medis yang nantinya menjadi informasi yang lebih bermakna itu dapat berwujud format teks, citra/gambar/foto, video, audio/suara, biosinyal. Jarak jauh dimaksudkan adanya perbedaan geografis (mis. regional, internasional) antara pemberi layanan dan yang dilayani.  
Layanan kedokteran jarak jauh ini dapat terlaksana berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Telemedicine bukanlah teknologi yang benar-benar baru. Bukan hanya dalam khayalan. Telemedicine modern sudah ada sejak telepon digunakan. Telemedicine masa kini akan lebih mengacu pada pemanfaatan TIK yang lebih canggih. Istilah telemedicine disini lebih spesifik pada bidang kedokteran (klinis) dibanding istilah telehealth, telecare, telenursing.

Dan you know how, sekarang ini proses pembedahan sudah dapat dilakukan dengan bantuan robot dan hanya memakan waktu operasi yang relatif singkat, dan dikenal dengan nama Robotic Surgery.
Robotic surgery adalah bentuk dari pengembangan teknologi kedokteran yang menggunakan sistem robot untuk membantu prosedur pembedahan. Walaupun bersifat robotik yang dilengkapi komputer, sistem ini tidak dapat mengambil keputusan sendiri dalam pembedahan, jadi dokter ahli masih berperan dalam tindakan operasinya.

Ahli bedah menggunakan sistem komputer untuk mengontrol lengan robot dan ujung-efektor, dan dapat juga menggunakan telemanipulators untuk inputnya . Salah satu keuntungan dari menggunakan metode komputerisasi adalah bahwa dokter bedah tidak harus hadir di kamar operasi, ahli bedah bisa saja berada dimana saja diseluruhi dunia, dan ini memungkinan untuk melakukan operasi jarak jauh.
Dan seperti dikutip oleh portal berita tempo edisi  30/04/2010 Tim dokter di sebuah rumah sakit Inggris untuk pertama kalinya berhasil melakukan operasi ritme jantung menggunakan robot, yang dikendalikan dari jarak jauh. Suksesnya operasi menggunakan robot itu berarti membuka peluang bagi pasien jantung ditangani oleh dokter dari kota lain, bahkan dari negara lain.
 

Dalam operasi perdana tersebut, Andre Ng, konsultan ahli kardiologi dan ahli elektrofisiologi di Glenfield Hospital, Leicester, melakukan prosedur bedah jantung dari luar ruang operasi, Rabu lalu. Ng menyatakan operasi itu berjalan lancar dan gangguan ritme jantung yang diderita pasien bisa dipulihkan dalam waktu 1 jam. "Itu melampaui perkiraan kami dan kami menyelesaikannya dalam waktu yang singkat," kata Ng.

sekian dulu artikel kali ini, terimakasih . . . . .  :D








0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009