Selasa, 07 Januari 2014

Ada yang tau mengenai telematika ?


Kadang kita mengetahui dan mengenali sebuah kata yaitu telematika tapi agak sulit menjelaskan mengenai pengertian dari telematika itu sendiri.
Apasih yang dimaksud telematika ????
Ya telematika secara umum mempunyai kesimpulan sebagai sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik dengan kemampuan untuk mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dengan jangkauan seluruh dunia, dan diselenggarakan untuk umum (online, internet), ataupun untuk  keperluan kelompok tertentu (intranet). 

Sebenarnya telematika diambil secara harfiah dari bahasa asing, dalam hal ini bahasa Prancis, yaitu telematique. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace dimana merujuk pada suatu sistem elektronik yang muncul dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika. Disini menurut para pakar dari Indonesia, telematika diartikan sebagai singkatan dari tele = telekomunikasi, ma = multimedia, dan tika = informatika. 
Ada yag tau telematika digunakan dalam lingkup apa saja ?
Sebenarnya hampir semua bidang menggunakan jasa telematika, dimana di era seperti ini telematika menjadi hal yang sangat lumrah dijumpai dalam kehidupan, contohnya :
a.       Pemerintahan
Contohnya yaitu e-ktp dimana didalam e-ktp terdapat chip yang berisi data diri kita, sehingga dengan menngunakan alat tertentu seseorang dapat mengetahui data diri kita secara lengkap, dan juga dalam perkembangannya akan diwacanakan e-ktp tersebut dapat digunakan untuk mengisi token yang digunakan dalam moda transportasi tertentu, walaupun dlaman kenyetaannya sampai sekarang belum terealisasikan khusunya di Indonesia. Kedua ada kemudahan pengurusan pajak secara online, dimana kita cukup mengisi formulirnya di web pajak, dan cukup membayarkannya pada bank, atau kantor pos.
b.      Pendidikan
Munculnya E-learning, dimana kita tidak perlu bertatap muka langsung pada saat belajar mengajar, tetapi dengan menggunaan media internet, kita bisa melakukan proses belajar mengajar secar virtual, kita ambil contohnya seperti V-class.
c.       Perdagangan
Perkembangan telematika pun menyentung bidang perdagangan, dimana semua bercikal bakal karena munculnya internet. Pada waktu dulu proses perdagangan masih secara tradisional dalam artian, pembeli dan penjual harus bertemu dan bertransaksi secara langsung ( bertatap muka), namun seiring perkembangan telematika munculah istilah e-commerce (elektronik commerce) dimana proses jual beli secara virtual, dimana pembeli dan penjual tidak bertemu langsung dan melakukan proses transaksi jual beli melalui media internet.

Di Indonesia sebenarnya sudah sangat populer, tapi di beberapa masyarakat masih kurangya rasa kepercayaan dalam menggunakan atau melakukan pembelian dengan cara e-commerce tersebut. Adapun penyedia jasa e-commerce di indonesia yaitu seperti berniaga.com, tokobagus.com, atau FJB kaskus.

d.      Bisnis
Dimana pada jaman sekarang kegiatan bisnis tidak seperti dahulu, misalnya apabila meeting dengan client di luar daerah, pada waktu belum adanya perkembangan telematika, kita harus berjumpa langsung dengan client tersebut, namun dengan seriringnya perkembangan telematika, mulai dikenalnya lah teleconference dimana menggunakan sebuah camera yang terintegrasi dengan internet yang akan menghubungkan kedua belah pihak, sehingga akan mempermudah kegiatan bisnis.

Contoh lainnya penggunaan cloud computing untuk kegiatan bisnis ( menyimpan data bisnis dengan media cloud computing yang dapat kita akses setiap saat dengan menggunakan media internet (dropbox) dll).

Sekian dulu tulisan kali ini dan pembahasannya akan lanjut pada chapter selanjutnya ya heheheh :D

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009