Jumat, 10 Januari 2014

Perkembangan Telematika Yang Menyentuh Ke Ranah Bidang pendidikan




Pada saat ini perkembangan telematika melesat terbang jauh bak roket antariksa hahahaha, dimana perkembangan telematika hampir menyentuh ke semua bidang, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Dimana munculnya istilah e-book dan e-learning yang semua juga terakmodasi dengan perangkat masa kini yang dapat menjadi wadah bagi e-book dan e-learning, terutama era gadget yang makin hari semakin canggih, dan dapat memudahkan aktivitas penggunanya dalam kegiatan belajar, terutama setelah kemunculan istilah e-book dan e-learning. Dimana para pengguna tidak perlu direpotkan membawa buku pelajaran dalam bentuk fisik lagi, cukup mencari atau memidahkan e-book anda ke dalam gadget yang anda gunakan.
Sebenarnya apa sih e-book dan e-learning itu ????
Ø  e-Book
e-book adalah sebuah buku yang dapat dibuka dengan alat elektronik seperti melalui komputer atau gadget. E-book biasanya berisi file yang isinya berupa informasi dari sebuah buku dalam bentuk tulisan seperti yang ada dalam buku aslinya (buku fisik). 
 
Ø  e-Learning
e-learning  singkatan dari elektronik learning merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya internet dalam pembelajarannya. e-learning ini tidak selalu menggunakan internet tapi juga ada pembelajaran meltimedia secara offline seperti menggunakan aplikasi. biasanya e-learning itu sendiri pada jaman sekarang sering sekali disajika untuk kalangan anak-anak, terutama balita untuk memberikan pembelajaran edukasi yang menarik bagi anak.
 
Dan ada juga 2 istiah lagi yaitu yang pertama perpustakaan elektronik atau biasa disebut e-library
Ø  e-Library
e-library singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital. perpustakaan ini tidak seperti perpustakaan dalam bentuk aslinya tetapi dalam bentuk virtual, dan di e-library itu sendiri menyimpan semua e-book dan dapat mengunduhnya secara gratis.

Dan yang kedua adalah proses pembelajaran secara virtual atau biasa disebut dengan istilah V-class.
Ø  V-class
Sepengetahuan saya v-class itu sendiri yang saya tahu hanya baru ada di Universitas Gunadarma saja. Dimana v-class itu sendiri adalah proses belajar mengajar secara virtual (di dalam dunia maya) dan kita dapat terhubung dengan satu yang lainnya termasuk dosen yang bersangkutan dengan media forum diskusi langsung (chat) ataupun forum komentar, dalam v-class itu sendiri juga dosen dapat memberikan soal yang harus dikerjakan oleh mahasiswa dalam waktu yang telah ditentukan, dan untuk digunadarma itu sendiri, biasanya v-class hanya dibuka oleh dosen hanya dalam kurun waktu 1 minggu saja.
 
Namun menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif dari perkembangan telematika dalam hal pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu :


  1. Surat Elektronik (email)
Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. 



2.      Ensiklopedia
Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.
 
3.      Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis ( digital )
Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi. Sarana untuk mengakses program ini tidak menjadi masalah karena mereka dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.

4.      Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM. Dan jaringan ini diharapkan dapat menjangkau serta dapat memobilisasi masyarakat yang lain dalam suatu “cyber system”.
 
  1.  Video Teleconference
Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi layaknya v-class yanga ada di Universitas Gunadarma, simulasi dan dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.

 
 
http://pecintafivers.wordpress.com/2012/10/15/pengantar-telematika/


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009