Jumat, 10 Januari 2014

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DAN HUBUNGAN SERTA MANFFATNYA BAGI KEGIATAN BISNIS





Sebelumnya kita sudah berbicara mengenai perkembangan telematika dalam dunia pendidikan, selanjutnya kita akan berbicara mengenai dampak atau pengaruh apa saja perkembangan telematika dalam ranah atau proses bisnis di indonesia.

Sebenenarnya penagaruh dalam proses bisnis sudah terasa ketika kehadiran internet dan diikuti dengan adanya atau kemunculan email, dimana kita dapat berkomunikasi secara realtime dan efisien dalam kegiatan sehari-hari dan juga melingkupi kegiatan bisnis, seperti saling kirim-mengirim dokumen bisnis, file persentasi dll.
Namun kita telisIk lebih jauh yuk mengenai perkembangan telematika dalam proses bisnis:

Ø  Pertama saat dimulainya kemunculan internet dan diikuti dengan kemunculan email, di awal – awal setelah kemunculian email memang belum banyak yang memanfaatkannya, namun setelah beberapa tahun kemunculan dan masyarakat sudah familiar juga, email juga sering digunakan dalam proses kegiatan bisnis, terutama sharing dokumen, file persentasi, atau menyimpan data penting, namun apakah manffat sebenernya dari email dalam mengelola kegiatan bisnis ?
1.      Menghemat waktu: karena proses pengirimannya file dapat sampai pada waktu itu juga.
2.      Menghemat cost biaya: dimana setelah kemunculan email kita tidak perlu lagi membeli amplop atau datang kekantor pos dalam hal pengiriman data kegiatan bisnis.
3.      Sangat efisien.
 
Ø  Lalu selanjutnya di era kemunculan e-banking, apa manfaatnya pada era ini dalam hal kegiatan bisnis ? terutama fasilitas internet bankingnya:
1.      Proses transaksi kegiatan bisnis dapa lebih efisien, karena kita hanya perlu menggunakan internet saja dalam bertransaksi dengan teman bisnis kita.
2.      Meningkatkan rasa keamaman, dimana kita tidak perlu membawa uang atau cek dalam bentuk banyak dalam kegiatan transaksi bisnis.
3.      Dapat diakses kapan saja dan dimana saja, sehingga proses transaksi bisnis tidak terkendala oleh waktu.
4.      Dan dapat memesan tiket atau hal lainnya yang berhubungan mengenai proses perjalan kegiatan bisnis.

Ø  Lalu era teleconference, Pada saat ini orang dapat melakukan suatu pertemuan bisnis dengan rekannya tanpa harus meninggalkan tempat orang tersebut bekerja. Sebut saja teknologi teleconference. Teknologi ini sangat memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Dan disini teknologi tersebut meliputi gambar dan suara sehingga pihak pertama dan kedua ataupun ketiga seolah-olah bertatapan langsung antara beberapa pihak yang berlangsung secara interaktif dan realtime. Serta dari sisi biaya bisnis dapat menghemat cost biaya bagi perusahaan.
 
Ø  Era cloud computing untuk pemanfaatan kegiatan bisnis, ada beberapa manfaat dari munculnya cloud computing untuk proses kegiatan bisnis, diantaranya adalah sbb:
1.      A huge potential market.  Ia membuka kesempatan pada dunia bisnis untuk bisa menjangkau seluruh dunia sebagai satu market global.
2.      Centralized control and operations.  Dengan program aplikasi dan data terpusat di cloud maka dengan lebih mudah melakukan pengontrolan dan pengaturan operasional seluruh perusahaan.

3.      Anywhere and anytime marketing advantage.  Bisa melakukan pelayanan marketing yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat.
4.      A more fault tolerant data storage.  Data perusahaan yang tersimpan di cloud akan secara otomatis direplikasi ke beberapa lokasi berbeda sehingga bahkan lebih kebal terhadap bencana alam bila dibandingkan dengan lokasi data server berada di satu lokasi perusahaan itu saja.
5.      Reduced risk on software investment.  Jauh berkurangnya resiko dalam investasi software yang selama ini harus di bayar di muka karena hampir 70% implementasi software mengalami kegagalan.  Sekarang perusahaan bisa sewa beberapa bulan dan bisa berpindah seandainya tidak memuaskan.
6.      No more high acquisition and maintenance cost on hardware.  Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi pengadaan peralatan hardware yang mahal dan perawatannya juga.
7.      Reduced cost with less employees. Berkurangnya tenaga IT atau bahkan tidak dibutuhkan lagi di perusahaan perusahaan kecil dan menengah.  Semua sudah dilayani oleh cloud vendor sehingga perusahaan bisa focus pada bisnisnya masing masing.
8.      A Service-Centric World.  Semua software aplikasi dari setiap perusahaan bisa berkolaborasi secara otomatis sehingga memberikan kemudahan di dalam proses bisnis.  Software aplikasi perusahaan bisa berkolaborasi dengan software aplikasi hotel, biro perjalanan, car rental, restaurant, dsb untuk keperluan suatu perjalanan dinas perusahaan sehingga tidak perlu lagi ada seketaris atau karyawan yang melakukan pemesanan secara manual ataupun online di internet.
9.      A better focus on your business.  Perusahaan bisa mengkonsentrasikan perhatian, energi, dan dana hanya ke bidang bisnisnya saja.
10.  No more software piracy. Bagi perusahaan produsen software aplikasi merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan karena tidak akan ada lagi pembajakan software, misalnya Microsoft yang telah meluncurkan produk Office 365 yaitu Microsoft Office Applications berbasis cloud sehingga ke depannya tidak akan lagi menjualnya dalam bentuk CD.
Namun adapula kelemahannya: yaitu salah satunya kerentana data yang dapat di ambil atau dicuri oleh cracker, apabila tidak ada proteksi yang maksimal.
Dan itulah beberapa manfaat perkembangan telematika dalam kegiatan bisnis, terimakasih . . . ..  . .




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009