Sebelumnya
kita sudah berbicara mengenai perkembangan telematika dalam dunia pendidikan,
selanjutnya kita akan berbicara mengenai dampak atau pengaruh apa saja
perkembangan telematika dalam ranah atau proses bisnis di indonesia.
Sebenenarnya
penagaruh dalam proses bisnis sudah terasa ketika kehadiran internet dan
diikuti dengan adanya atau kemunculan email, dimana kita dapat berkomunikasi
secara realtime dan efisien dalam kegiatan sehari-hari dan juga melingkupi
kegiatan bisnis, seperti saling kirim-mengirim dokumen bisnis, file persentasi
dll.
Namun
kita telisIk lebih jauh yuk mengenai perkembangan telematika dalam proses
bisnis:
Ø Pertama
saat dimulainya kemunculan internet dan diikuti dengan kemunculan email, di
awal – awal setelah kemunculian email memang belum banyak yang memanfaatkannya,
namun setelah beberapa tahun kemunculan dan masyarakat sudah familiar juga,
email juga sering digunakan dalam proses kegiatan bisnis, terutama sharing
dokumen, file persentasi, atau menyimpan data penting, namun apakah manffat
sebenernya dari email dalam mengelola kegiatan bisnis ?
1. Menghemat
waktu: karena proses pengirimannya file dapat sampai pada waktu itu juga.
2. Menghemat
cost biaya: dimana setelah kemunculan email kita tidak perlu lagi membeli
amplop atau datang kekantor pos dalam hal pengiriman data kegiatan bisnis.
3. Sangat
efisien.
Ø Lalu
selanjutnya di era kemunculan e-banking, apa manfaatnya pada era ini dalam hal
kegiatan bisnis ? terutama fasilitas internet bankingnya:
1. Proses
transaksi kegiatan bisnis dapa lebih efisien, karena kita hanya perlu
menggunakan internet saja dalam bertransaksi dengan teman bisnis kita.
2. Meningkatkan
rasa keamaman, dimana kita tidak perlu membawa uang atau cek dalam bentuk
banyak dalam kegiatan transaksi bisnis.
3. Dapat
diakses kapan saja dan dimana saja, sehingga proses transaksi bisnis tidak
terkendala oleh waktu.
4. Dan
dapat memesan tiket atau hal lainnya yang berhubungan mengenai proses perjalan
kegiatan bisnis.
Ø Lalu
era teleconference, Pada saat ini orang dapat melakukan suatu pertemuan bisnis
dengan rekannya tanpa harus meninggalkan tempat orang tersebut bekerja. Sebut
saja teknologi teleconference. Teknologi ini sangat memungkinkan
untuk melakukan hal tersebut. Dan disini teknologi tersebut meliputi gambar dan
suara sehingga pihak pertama dan kedua ataupun ketiga seolah-olah bertatapan
langsung antara beberapa pihak yang berlangsung secara interaktif dan realtime.
Serta dari sisi biaya bisnis dapat menghemat cost biaya bagi perusahaan.
Ø Era
cloud computing untuk pemanfaatan kegiatan bisnis, ada beberapa manfaat dari
munculnya cloud computing untuk proses kegiatan bisnis, diantaranya adalah
sbb:
1. A huge potential market.
Ia membuka kesempatan pada dunia bisnis untuk bisa menjangkau seluruh
dunia sebagai satu market global.
2. Centralized control and operations.
Dengan program aplikasi dan data terpusat di cloud maka dengan lebih mudah
melakukan pengontrolan dan pengaturan operasional seluruh perusahaan.
3. Anywhere and anytime marketing
advantage. Bisa melakukan pelayanan marketing yang tidak
terbatas oleh waktu dan tempat.
4. A more fault
tolerant data storage. Data perusahaan yang
tersimpan di cloud akan secara otomatis direplikasi ke beberapa lokasi berbeda
sehingga bahkan lebih kebal terhadap bencana alam bila dibandingkan dengan
lokasi data server berada di satu lokasi perusahaan itu saja.
5. Reduced risk on software
investment. Jauh berkurangnya resiko dalam
investasi software yang selama ini harus di bayar di muka karena hampir 70%
implementasi software mengalami kegagalan. Sekarang perusahaan bisa sewa
beberapa bulan dan bisa berpindah seandainya tidak memuaskan.
6. No more high acquisition
and maintenance cost on hardware.
Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi pengadaan peralatan
hardware yang mahal dan perawatannya juga.
7. Reduced cost with less employees.
Berkurangnya tenaga IT atau bahkan tidak dibutuhkan lagi di perusahaan
perusahaan kecil dan menengah. Semua sudah dilayani oleh cloud vendor
sehingga perusahaan bisa focus pada bisnisnya masing masing.
8. A Service-Centric World.
Semua software aplikasi dari setiap perusahaan bisa berkolaborasi secara
otomatis sehingga memberikan kemudahan di dalam proses bisnis. Software
aplikasi perusahaan bisa berkolaborasi dengan software aplikasi hotel, biro
perjalanan, car rental, restaurant, dsb untuk keperluan suatu perjalanan
dinas perusahaan sehingga tidak perlu lagi ada seketaris atau karyawan yang
melakukan pemesanan secara manual ataupun online di internet.
9. A better focus on your business.
Perusahaan bisa mengkonsentrasikan perhatian, energi, dan dana hanya ke bidang
bisnisnya saja.
10. No more software piracy.
Bagi perusahaan produsen software aplikasi merupakan suatu hal yang sangat
menguntungkan karena tidak akan ada lagi pembajakan software, misalnya
Microsoft yang telah meluncurkan produk Office 365 yaitu Microsoft Office
Applications berbasis cloud sehingga ke depannya tidak akan lagi menjualnya
dalam bentuk CD.
Namun
adapula kelemahannya: yaitu salah satunya kerentana data yang dapat di ambil
atau dicuri oleh cracker, apabila tidak ada proteksi yang maksimal.
Dan
itulah beberapa manfaat perkembangan telematika dalam kegiatan bisnis,
terimakasih . . . .. . .
0 komentar:
Posting Komentar