Sabtu, 10 Mei 2014

Ripley 1997 – 2007 Part 2




            Pada tulisan sebelumnya saya telah menerangkan dan menjelaskan permainan apa saja yang ada dan sering dimainkan oleh orang-orang atau masyarkat pada generasi 1997-2007, dan mudah-mudahan dengan tulisan saya yang kmaren dapat mengingatkan kembali pada saat anda berada pada masa-masa tersebut dan memainkan permainan tersebut.

Dan pada tulisan saya kali ini saya akan membahas mengenai makanan – makanan dan minuman yang ada pada masa tahun 1990-2007 yang mungkin sekarang ini sudah susah malah tidak dijumpai lagi, berikut adalah ulasannya :

1.        Mie Anak Mas
Menurut saya ini adalah snack mie yang cukup booming dan disukai anak-anak pada masa itu, dimana mungkin karena rasa bumbunya yang gurih dan harga yang dijual cukup murah, kalo ngga salah waktu itu harganya 500 perak.



  1. Mietami
Hampir mirip dengan mie anak mas, namun perbedaanya terdapat dua variasi yaitu mie rebus dan goreng, serta terdapat bumbu kecap dan minyak pada produk mietami tersebut, dan ini juga jajanan yang menurut saya paling enak, karena harganya juga cukup murah.

  1. Mie kremezzz
Mie ini sama saja dengan mie yang lainnya, namun menurut saya mie ini juga paling enak dan murah, namun saya disini kurang suka dengan bumbunya, dan biasanya saya tidak memakai bumbu tersebut, karena menurut saya mienya juga sudah cukup gurih, dan ini adalah jajanan yang sering juga saya beli waktu jam istirahat di sd.


  1. Mie Gemez
Mie dengan gambar anak kecil berkala plontos mirip boboho dengan kacamata, mie ini lumaya enak dan pas dikantong dan  rasanay hampir sama dengan mie kremezz, namun seinget saya mie gemez duluan yang keluar dipasaran baru mie kremezz.


  1. Anak Mamee
Mie jenis ini menurut saya adalah cikal bakalnya mie kremezz karena dari segi rasa dan warna mienya hampir sama, namun pada waktu itu mie snack jenis ini masih jarang yang jual di warung-warung ntah karena ngga laku gara-gara mie anak mas, atau gimana, yang jelas mie ini pernah sekali saya lihat dijual oleh abang-abang tukang mainan yang dipikul.


  1. Permen gulali
Namun bukan permen gulali kapas, ini adalah permen gulali yang dibentuk menyerupai orang, bohlam, dan kebanyakan permen gulali ini dibentuk dalam bentuk hewan, dan permen ini biasanya dijual di tukang abang-abang yang nyewain jimbot hehehhehe.


  1. Coklat koin dan payung
Ya kedua permen coklat ini adalah makanan yang dulu paling sering diserbu kalo udah mau selesai sekolah, namun saya lebih suka rasa coklat payung, karena kalo coklat koin agak lengket-lengket kalo di emut hehehehe

 


  1. Coklat cup yosan.
Ini coklat biasa dijual diwarung-warung deket rumah + abang-abang tukang mainan, ini coklat kalo gak salah harganya 500 1, namun rasanya uenak ngga pake banget, dengan rasa coklat yang agak masih kasar-kasar gitu.


  1. Permen karet yosan
Untuk permen karet yosan ada 2 jenis, yang dibungkus plastik sama kertas, namun biasanya orang-orang lebih sering beli yang bungkusan kertas, karena biasanya didalamnya ada kertas lain yang biasanya berisi tebak-tebakan atau pantun.

 


  1. Permen karet lotte
Nah ini ni pesaing permen karet yosan yang plastik, dimana kalo gak salah permen karet lotte mempunyai beberapa rasa, dan menurut saya yang paling enak itu rasa melon.


  1. Permen rokok-rokokan
Maksud rokok-rokokan disini bukan isinya tembakau loh, namun bentuknya aja yang kaya rokok, dan berisi serbuk coklat didalamnya, dan biasanya kadang ada orang yang cara makannya di hisap kaya orang lagi ngerokok hehehe.



  1. Permen rasa strawberry and jeruk
Ya permen ini bentuknya kaya pil obat gitu dan paling isinya 8 biji dalam satu bungkus, namun rasanya itu loh yang super manis dan sesuai dengan gambar yang tertera, namun biasanya permen ini dijual di abang-abang tukang mainan.



  1. Permen pendekar biru
Ni permen juga cukup booming di eranya, dimana jaman dulu anak-anak paling seneng makan sesuati yang bat lidahnya berubah, kaya permen sejenisnya jagoan neon, dan permen kaki.

 


  1. Es kue.
Ya ini es tapi benuknya agak padet dan rasanya kaya kue dengan warna-warna dalam satu es kue terdiri dari 2 sampai 3 warna. Pernah sekali nyobain permen ini belum lama dideket tempat makan tenda biru pocin, dimana biasanya orang yang jual bawa esnya pake kotak gitu.


  1. Es mambo.
Nah ini biasanya yang jual diwarung warung deket rumah, dan basanya ada beberapa rasa, teh, jeruk, rasa strawberry mungkin soalnya warnanya merah hehehehe, ni es biasanya 500 dapet 2 pada waktu itu.


  1. Es orson
Nah ini juga es yang paling sering dibeli + warnanya yang warna warni dan biasnya kalo beli ini es abis olahraga di SD.


  1. Permen angka 8 / kacamata
Dimana ni permen dibentuk menyerupai angka 8 / kacamata, namun permen ini sama saja rasanya kaya coklat chaca.


  1. Biskuit togo
Ni biskuit menurut gue cikal bakalnya biskuit biskuit dengan kremer coklat didalamnya kaya oreo dll, kalo gak salah yang bungkus kecil isi 4 dijual 500.


  1. Chiki ball dkk
Ya chiki ini cukup booming di era 97an, karean bukan rasanya saja yang enak, namun isi hadiah dari ciki tersebut berupa tazos dengan gambar pokemon dan biasanya dibeli untuk ngumpulin edisi tazos pokemon tersebut.



  1. Metro mie goreng.
Ini mie bener-bener enak menurut gue, biarpun dalam bungkus kecil dan kalo ngga salah harganya 100, namun rasanya itu yang bikin nagih.


  1. Ciki kenji
Ciki ini kalo gak salah harganya 500 dan dibungkus dengan 2 warna, biru sama ijo dan isinya cikinya bentuknya hampir mirip kaya ciki taro dengan rasa yang gurih.


  1. Wafer superman
Ni wafer memang sekarang ini sudah jarang ditemuin, namun masih ada yang jual, namun yang jual biasanya agen-agen besar gitu.


  1. Choki-choki
Nah ini adalah jajanan yang melewati beberapa dekade, dimana ini coklat didemenin banget dari mulai anak kecil, abg, remaja, bahkan para mahasiswa juga sering ngemutin ni coklat.



  1. Tini mini biti
Masih inget gak sama biskuit ini, kalo gak salah ada beberapa varian rasa dari biskuit ini, namun yang paling diingat adalah bentuk dari biskuit ini yang berbetuk hewan dengan slogan iklannya “tini wini biti imut enak bergizi . . . . . .. “ heheheheheh


  1. Telur dadar gulung sama telur ceplok mini
Ini jajanan yang suka ditemuin kalo kita jajan diluar kantin, dan lumayan lah rasanya gurih” gitu dah dengan harga 500 perak.



  1. Susuku
Eitttttt jangan salah kaprah dulu, ini merupakan coklat bubuk yang dibungkus dalam bentuk sachet kecil dengan gambar depannya kalo gak salah supermen pake baju ijo, dan biasanya di jual sama abang-abang tukang maenan.


  1. Ager-ager
Nah ini bukan ager yang dipotong potong, melainkan ager-ager yang ditaro di loyang mini dan biasanya agernya warna merah, dan biasa dijual di abang tukang maenan, serta biasanya suka dibubuhi susuku biar tambah sedep rasanya.



  1. Lidi-lidian.
Ini adalah makanan yang ibarat kapal selam, kadang muncul kadang hilang, sempet menghilang diera pertengahan tahun 2008-2011, namun kembail booming pada saat ini.



  1. Es potong
Sempet hilang namun sekarang mulai muncul lagi, es ini dulu dijual dengan harga 500 – 1000 dan biasanya dipotong sesuai dengan harga yang dibayar oleh orang yang beli. Es ini cukup enak dengan beragam rasa yang tersedia dan rasa susu yang sangat terasa, dan gue paling suka es potong rasa coklat sama ketan.


  1. Kue rangi
Kue tradisional yang terbuat dari kelapa yang dirajang kecil-kecil dengan ditambahkan sagu dan dibubuhi gula merah yang teksturnya seperti lem diatasnya, kue ini cukup booming pada tahun 1990an namun makin menghilang akibat tergerus jaman.


  1. Rujak bebek
Ini rujak memang sudah agak susah dan jarang ditemui, dulu biasanya ni rujak oleh abang-abang yang membawa pikulan, dan biasa muncul pada siang atau sore hari.


  1. Kue cubit
Ini kue yang dinamakan karena proses memakannya dengan cara dicubit, kue yang terbuat dari adoan tepunt terigu, gula dan susu ini sangat enak rasanya dan kalo dulu biasnya bentuknya hanya bulet bulet saja, namun sekarang ada juga loyang yang bentuknya seperti ikan dll. Dan waktu TK, biasanya didepan tk gue ada yang jual kue cubit dan dulu gue mesennya yang bulet-bulet sesuai loyang tapi setengah mateng, kalo ngga minta dibuatin kaya sarang laba-laba.


            Dan itulah sekiranya makanan atau jajanan yang sempat muncul dan booming pada tahun 1990an dan beberap juga masih suka ada namun banyak juga yang sudah menghilang, dan semoga dengan riview jajanan ini, dapat mengingatkan memori di masa lalu anda ketika ada moment-moment anda makan makanan ini dengan temen-temen semasa anda kecil, sekian review jajanan kali ini dan sebenernya masih ada yang saya ingin ulas kembali, namun sepertinya ini sudah cukup banyak, trimakasihhhh . . . . .
Sumber:




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009