Kamis, 26 September 2013

Tugas Pertemuan 1 “Telematika”




Tugas Pertemuan  1  “Telematika

Nama  : Dimas Amiluhur
Kelas   : 4ka02
NPM   : 12110022



Tugas Pertemuan  1  “Telematika

1.    Definisi dari telematika?

Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis telematique, yang atinya adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunakasi dan teknologi informasi (Telecomunication and Informatics) sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication. namun seiring dengan perkembangan zaman, Telekomunikasi menjadi gabungan dari kata “ Telekomunikasi”, “Multimedia” dan “Informatika”.

Telekomunikasi sendiri memiliki Pengertian sebagai suatu teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. Dalam hal ini telekomunikasi mencakup semua bentuk komunikasi, baik komunikasi jarak jauh dan juga termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, serta komunikasi data melalui jaringan komputer.

Sedangkan Informatika sendiri memiliki pengertian yaitu mencakup suatu struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Selanjutnya Multimedia adalah penggabungan dari berbagai media baik teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu dan koneksi sebagai alat penyampaian pesan.

Sehingga didapat kesimpulan bahwa telematika adalah konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem  digital. Serta Telematika juga dapat diartikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik, dimana kemampuannya adalah untuk mentransmisikan sejumlah besar informasi secara cepat, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara.
                                                    sekilas gambaran mengenai telematika

2.    Media Komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?

Media yang digunakan dalam telematika yaitu hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data, satelit digunakan sebagai sarana telematika kegunaan  Satelit komunikasi menerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya ke tempat lain, Komputer, Telephone, Handphone, Smartphone, Televisi, Radio, jaringan Internet, Global Positioning System (GPS).


3.    Jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah  internet muncul!

Sebelum adanya internet media yang digunakan yang mengandung unsur telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Disini untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, dikarenakan juga biaya pada jaman dahulu untuk melakukan hal tersebut juga masih cukup mahal. Dan pada jaman sebelum internet muncul, untuk mengirim sebuah surat dibutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah kemunculan internet, untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Dan juga setelah ada internet, dalam hal berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.

4.    Apa yang anda harapkan  kedepannya dengan adanya telematika di indonesia ?

Menurut Saya dengan adanya Telematika di Indonesia sangat berpengaruh sekali dengan kehidupan manusia saat ini. Karena disini telematika mempunyai tujuan yang dapat digaris bawahi yaitu digunakan agar dapat mempermudah mendapatkan suatu informasi dengan waktu yang singkat tanpa adanya kendala dalam segi manapun contohnya jarak pengiriman informasi dengan jarak yang jauh. Tetapi dalam hal ini selain ada dampak positif, ada juga dampak negatif dari adanya kemunculan telematika, dimana apabila digunakan oleh orang yang kurang bijak, dapat diselewangkan dengan mencari sesuatu hal yang berbau seperti menyebarkan kabar berita yang tidak benar adanya tentang seseorang, sehingga justru kabar berita tersebut akan menimbulkan fitnah, serta terkadang masyrakat juga menyalahgunakan dengan adanya Telematika saat ini seperti dengan ingin mengetahui keberadaannya foto-foto atau video porno, atu hal-hal yang menyalahi norma yang ada hanya untuk melihat ataupun mengunduhnya, karena hal tersebut telah menyalahi norma agama maupun kesusilaan yang dianut oleh negara kita yang terkenal dengan adat ketimurannya.
  
Oleh sebab itu saya berharap di masa yang akan datang masyarakat Indonesia dapat lebih mengembangkan telematika ke arah yang lebih baik. Untuk layanan informasi lebih ditingkatkan lagi agar selama apa pun, dimana pun dan kapan pun seseorang dapat menjaga komunikasi dengan baik, lancar dan aman, tidak ada tindakan sadap menyadap informasi. Serta diharapkan masyarakat indonesia menggunakan telematika lebih bijak dan baik lagi, sesuai dengan aturan dan norma berlaku di negara kita.

SUMBER :

http://krichul.wordpress.com/2010/10/02/definisi-telematika/ 
http://virtuallight2.blogspot.com/2012/11/pengertian-telematika.html 
http://marinnrin.wordpress.com/2012/10/15/telematika/ 
http://yustianpriambodo.wordpress.com/2012/10/17/tugas-i-pengantar-telematika/ 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009