Jumat, 05 Juli 2013

Berbahasa Sesuai dengan Ranah Pemakaiannya




Berbahasa Sesuai dengan Ranah Pemakaiannya
"Tugas softskill ke 4"

    

            Bahasa – bahasa daerah semakin merosot peran dan fungsinya. Bahasa daerah cenderung agak menghilang dalam eksistensinya. Sementara itu, bahasa asing lainnya menjadi semakin kuat seirirng dengan perjalananya di era globalisasi ini. Bahasa Indonesia kini juga berkembang pesat. Dimana hampir semua warga masyarakat Indonesia secara merata menggunakannya dalam kehidupan sehari – hari. Dan disini banyak negara lain juga yang mempelajari tentang bahasa Indonesia. Persoalan dalam hal ini, lalu bahgaimana dengan bahasa – bahasa daerah yang semakin jarang digunakan.
            Dalam hal ini, bahasa – bahasa daerah sesungguhnya adalah pedoman atau bisa dikatakan sebagai tiang penopang dari kebudayaan Indonesia dimana peran dan fungsinya sangat jelas dan amat mendasar. Maka tepat sekali jika kemudian banyak orang berfikir bagaimana memperthankan, melestarikan, atau lebih dari semua itu, bagaimana cara melestarikan bahasa daerah yang semakin ditinggalkan itu. Permasalahan tersebut dikarenakan peran fungsi bahasa yang smakin ditinggalkan dan tidak mau para generasi muda untuk membangkitkannya, serta peran media dalam hal ini media elektronik yang menayangkan suatu cerita yang tidak menggunakan aspek kebahasaan yang baik.
            Dalam hal ini permasalah diatas dapat diatasi kalau adanya kesadaran dalam diri kita untuk mau dalam mempelajari bahasa daerah, yang didukung dengan peran pengajar atau pemerintah yang memasukan bahasa daerah sebagai suatu mata pelajaran di masing-masing daerah layaknya seperti mata pelajaran bahasa inggris, sehingga di sini bahasa daerah dapat dilestarikan. Serta pada saat kita berkunjung ke daerah atau tempat dimana masyarakatnya masih menggunakan bahasa daerah,  kita tidak kagok dalam berkomunikasi, karena kita dibekali tentang bahasa daerah tersebut yang dipelajari didalam pelajaran yang ada di sekolah masing-masing daerah, sehingga nantinya kita dapat berbahasa sesuai dengan ranah pemakainnya didalam suatu kondisi yang berbeda. Dan dengan bahasa daerah di jadikan mata pelajaran memungkinkan bahasa tersebut dapat lestari.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009