Senin, 26 September 2011

DEFINISI TEORI ORGANISASI UMUM SERTA UNSUR-UNSUR YANG TERDAPAT DALAM ORGANISASI UMUM



Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada di dalam sebuah system. Pengertian organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu berinteraksi dalam wewenang tertentu. Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan tujuan bersama.

Ø      DEFINISI UMUM

Secara umum, organisasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari  sekelompok individu yang melalui suatu hierarki statis dalam pembagian kerja, dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara structural dan sistematis. Berdasarkan definisi umum tersebut, organisasi memiliki batasan-batasan yang dapat digambarkan dalam sebuah organisasi.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus terpenuhi didalam sebuah organisasi:
v     Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas. Seperti pimpinan, staf pimpinan, dan anggota .
v     Dalam sebuah organisasi harus ada pembagian kerja. Artinya setiap individu dalam sebuah institusi, baik yang sifatnya komersial atau social, memiliki satu bidang pekerjaan yang harus dikerjakan dan menjadi tanggung jawabnya.
      Secara umum, organisasi juga dapat diartikan sebagai wadah tempat orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam hal dalam memanfaatkan sumber daya baik materi ataupun non materi , srana dan prasarana, dan data yang digunakan secara efesien serta efektif untuk mencapai tujuan bersama didalam organisasi.

Ø      DEFINISI ORGANISASI MENURUT PARA AHLI

      Banyak definisi yang menggambarkan apa definisi itu . Dari berbagai macam pendapat yang dikemukan sebenarnya inti dari organisasi itu tetap sama meskipun berbeda orang yang mengutarakan . Berikut adalah beberapa ahli yang mengutarakan tentang arti organisasi :

v     Nancy Dixon, 1994 : “Inti organisasi belajar adalah kemampuan organisasi untuk memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi’.
v     James D. Mooney : “mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama”
v     Chester I. Bernard :“berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih”.
v     Stephen P. Robbins :”menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan”.
v     JOHN M.GOUS :“tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya”.
v     Peter Senge, 1990 :” Organisasi adalah  di mana orang-orangnya secara terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola-pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, di mana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan di mana orang-orang secara terus-menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama”.
v     diana siregar, ITB :” Organisasi belajar adalah organisasi yang mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara siklikal-berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi”.
v     Stoner : “Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama”.
v     Burkydan Perry, 1998 : “Organisasi adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari sekelompok orang yang bertindak secara bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan bersama”.
v     Prof. Dr. Sondang P. Siagian : “Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang aman terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang /sekelompok orang yang disebut bawahan”.  
v     Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro : .  “Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu”.
v     Drs. Malayu S.P Hasibuan :“Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya alat dan wadah saja”.



Ø      UNSUR-UNSUR DALAM ORGANISASI UMUM
  
v     Manusia(man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
v     Kerjasama(team work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
v     Tujuan bersama : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
v     Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
v     Lingkungan(environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
·         Kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya
·         Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi
·         Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan
v     Kekayaan alam yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll
v     Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri

Pada hakikatnya setiap organisasi mempunya visi dan misi yang sama Jika tidak maka bisa hancur suatu oraganisasi itu . Juga organisasi biasanya dipimpin oleh seorang ketua yang mempunya mandate besar dalam pengembangan dan ke eksisan organisasi tersebut.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
-           Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
-           Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
-           Adanya tujuan
-           Adanya sasaran
-           Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
-           Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Ø     TEORI ORGANISASI

Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. [3]
Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.

Atmosudirjo mengemukakan bahwa teori organisasi modern dalam ilmu administrasi dapat dibagi menjadi lima golongan, yaitu : (1) teori organisasi klasik (2) teori hubungan antar manusia (3) teori proses (4) teori perilaku dan (5) teori sistem (The System theory of Organization)


KESIMPULAN

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama dalam ilmu-ilmu social , organisasi di pelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologo, ilmu politik, ekonomi, psikologo dan manajemen . kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga unsure tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan.
Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dana saling melengkapi.
Terdapat berbagai macam organisasi dari segi memandangnya , macam-macam organisasi dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah puncak pimpinan, segi keresmian, segi tujuan , segi wilayah, segi social, dan segi bentuk.

DISADUR DARI :














0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dimas Amiluhur Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Blogger Template © 2009